SMA NEGERI ARGOMULYO - SMU NEGERI 1 SEDAYU
Rabu, 2017-09-20

SMA Negeri 1 Sedayu, Yogyakarta
Building : Jl. Kemusuk km. 1 Argomulyo, Sedayu , Bantul 55753
              Telp. 0274 798487 E-mail : sman1sedayu@yahoo.co.id

Site menu
Login form
Pencarian
Gebyar Apresiasi Karakter Siswa Indonesia (G-AKSI)

Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dari seluruh provinsi di Indonesia akan mengikuti Gebyar Apresiasi Karakter Siswa Indonesia (G-AKSI) bertempat di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta, pada 6-12 Mei 2010. Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta diwakili satu tim yang terdiri atas sebelas siswa dari sebelas sekolah berbeda. Dari Bantul SMA Negeri 1 Sedayu mengirimkan wakilnya yang bernama BETI RATNASARI XI IPA 3

Acara ini diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan SMA, Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas), kegiatan ini bertujuan mengaktualisasikan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa; mengaplikasikan sikap kerja sama, nasionalisme, serta rasa persatuan dan kesatuan bangsa; jujur, peduli, berpikir kritis dan positif serta menumbuhkembangkan sikap hormat dan saling menghargai dalam beragama.

Tujuan lainnya, yaitu meningkatkan disiplin diri, tanggung jawab, kesadaran terhadap lingkungan fisik, sosial, dan budaya; menjalin silaturahim antarsiswa dari berbagai wilayah untuk memperkokoh persatuan dan meningkatkan jiwa kepemimpinan di kalangan generasi muda. Selain itu, untuk menyalurkan bakat, minat, dan kreativitas siswa dalam rangka pembinaan karakter bangsa.

Koordinator Gebyar AKSI, Suharlan, menjelaskan, kegiatan ini merupakan wahana bagi siswa SMA untuk menggali, mengekspresikan, serta mengaktualisasikan kreativitas dan karakter di dalam sikap serta perbuatan.

Dalam kegiatan ini, siswa harus menunjukkan karakter sosok manusia yang berkemampuan dan berkepribadian dalam konteks nasional. Siswa melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi diri, sekolah, dan masyarakat dalam tiga aksi kegiatan utama, yakni aksi kebangsaan, kreativitas, dan kepedulian.

Lingkup kegiatan G-AKSI meliputi salam nusantara, program motivasi, program kebangsaan, program kreativitas, dan program kepedulian. Salam nusantara mencakup perkenalan diri dalam bahasa daerah dan nasional, tampilan budaya daerah, dan presentasi profil daerah.

Selain itu, juga terdapat program motivasi berupa pembinaan keimanan dan akhlak, pengembangan keseimbangan potensi diri dan kepercayaan diri, serta pengaktualisasian kesamaan derajat dan status sosial. Sementara, program aksi kebangsaan dilakukan dalam kegiatan praktik formasi pengibaran bendera, game kebangsaan, dan apresiasi kebangsaan.

Kemudian, program aksi kreativitas dilakukan dalam bentuk pembuatan dan presentasi poster solusi masalah daerah dan pembuatan produk bernilai dari limbah. Lalu, program aksi kepedulian berupa bakti sosial dan  game kepedulian.

Suharlan mengatakan, kegiatan ini penting untuk membuka ruang dan kesempatan bagi siswa bersama-sama menemukan kembali, memberdayakan, serta merekayasa karakter bangsa sebagai akumulasi dari kreativitas pembinaan kesiswaan yang dilaksanakan di tingkat sekolah. Mengingat, karakter bangsa merupakan substansi dalam pembinaan kesiswaan.
   
Kalender
«  September 2017  »
MgSnSlRbKmJmSa
     12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
Isi Arsip
Statistik Kunjungan

Total online: 1
Guests: 1
Users: 0
SMA Negeri 1 Sedayu © 2017